Six Sigma(6σ)

6σ

Baru masuk kantor 2 bulan dah mulai dijejelin training yang aneh aneh.Salah satunya adalah training six sigma(6σ). Baru denger namanya aja dah males, karena ada lambang σ. Dulu waktu sekolah dan kuliah ketemu ginian σ, pas mapel/matkul statistika. Eh di kerjaan dihajar lagi…ampun pak ampun….

Karena trainingnya cukup panjang(4 hari ), makanya saya mencoba untuk sharing disini dengan tujuan

Pertama: Masukan bagi temen temen semua.
Kedua: Untuk mengikat difikiran saya. Inget sebuah pepatah “ikat ilmu dengan tulisan“. Semoga dengan sharing ini menjadi ilmu yang bermanfaat bagi saya dan anda semua.Amin.

Apa itu 6σ?Lihat saja dari namanya 6σ terdiri dari 2 huruf yaitu 6 dan σ. Angka 6 anda sudah tidak asing lagi kan sedangkan untuk σ bagi yang sudah belajar statistik pasti tidak asing lagi yaitu simbol dari standard deviasi. Karena memang 6σ tidak jauh jauh dari standard deviasi.

OK kita kembali ke pokok bahasan. banyak definisi 6σ(baca six sigma), salah satunya adalah suatu alat(tools) dan cara(method) untuk mengukur, menganalisa,memperbaiki dan mengontrol suatu proses. 6σ juga dapat diartikan sebagai pola pikir(mind set) untuk senantiasa memperhatikan proses yang kita jalani sekecil apapun proses itu.Dalam proses “mengawal” proses 6σ mempunyai senjata ampuh DMAIC. Apa itu DMAIC? sabar nanti insyaAlloh akan kita bahas.Jadi..sabar aja.

Berbicara tentang dunia usaha pasti kita akan terfokus pada bagaimana cara kita untuk mendapat keuntungan yang sebesar besarnya(revenue).  Mau tidak mau kita harus memuaskan customer kita bagaimanapun caranya supaya mereka memberikan penambahan revenue pada usaha kita. Ya…proses adalah hal yang sangat crusial yang menentukan hasil yang akan kita deliver ke customer. Seberapapun kecil kesalahan dalam proses yang kita miliki akan berakibat pada output yang kita hasilkan. So…kita perlu untuk senantiasa evaluasi, menilai dan mengontrol proses yang sedang berjalan. bagaimana cara menilainya?6σ salah satu toolnya.bagaimana analisanya?6σ juga dapat melakukannya. Begitu juga dengan proses control 6σ juga terlibat didalamnya.Jadi semua metode untuk mengawal proses ada di 6σ.

Mungkin ilustrasi ini dapat memberikan gambaran lebih jelas. Saya punya usaha jualan baso. Supaya laris( baca revenue banyak), maka apa yang akan kita lakukan?Supaya gampang kita list(defined) dulu nih apa sih yang membuat pelanggan(customer) kita pada tertarik. Misalnya kita peroleh :

  1. Basonya harus banyak(1 mangkok 10 bola baso)
  2. Higienis
  3. Tempat bersih(dalam 5 menit sampah harus dibuang) dan luas(ada 50 tempat duduk)
  4. dll

Apa yang kita sudah list ini( baca defined) diusahakan dengan parameter yang dapat diukur supaya mudah untuk mengukurnya. Dari data itu coba kita praktekkan. Kita hitung setiap mangkok harus ada 10 bola baso, kita cek setiap lima menit sampah harus hilan. Kita hitung juga jumlah ketersediaan tempat duduk harus 50 kursi.Perhitungan(Measure) ini sangatlah penting supaya kita dapat sesuai pada apa yang telah kita inginkan didepan(target). Dari list yang telah kita hitung tadi coba kita analisa(Analise), apa yang perlu untuk di perbaiki(Improve). Proses apa yang salah serta seberapa kepuasan pelanggan kita.Misalnya ternyata dari 10 pelanggan ada yang complain jumlah bola baso cuma ada 8. Maka kita harus perbaiki proses yang terkait. Kalau perlu dikasih brosure seperti polling…:). Setelah melakukan perbaikan biasanya hanya berlangsung singkat dan kesalahan itu akan sering datang kembali. Supaya tidak datang lagi atau paling tidak tidak sering terjadi lagi maka perlu adanya kontrol(Control). Dengan melakukan tahapan seperti ini, insyaAlloh proses kita akan terjaga dan terukur dan insyaAlloh outpunya pun juga akan bagus( memuaskan pelanggan).

Gimana? Sudah jelaskah ilustrasinya?Semoga sudah, jika belum silakan comment dibawah( untuk evaluasi saya hehe…). OK kita kembali ke Laptop(:D).  Didepan saya sebut istilah DMAIC, right ? Diilustrasi sudah saya singgung, semoga anda semua sadar akan hal itu :). DMAIC adalah suatu kependekan dari suatu langkah langkah yang harus dilakukan untuk menjaga suatu proses:

  • Defined : Mendefinisikan apa yang menjadi masalah dan keinginan pelanggan
  • Measure : Mengukur apa yang terjadi saat ini terkait dengan masalah dan keinginan pelanggan.
  • Analyze : Mengidentifikasi dan memverifikasi akar masalah yang sedang terjadi.
  • Improve : Mencari solusi dan mencoba untuk mengimplementasikannya.
  • Control : Mengevaluasi solusi dan rencana serta mempertahankan hasil dengan stardar proses.

Selain istilah diatas ada beberapa istilah yang berkaitan dengan 6σ seperti CTQ, Opportunity, Defect, DPMO,sigma capability, MBB, BB,GB. Apa itu?semoga ada kesempatan lain untuk mengulas apa itu semua. Untuk saat ini mungkin cukup sekian 🙂 semoga tambah bingung. Karena semakin bingung berarti anda semakin mengerti…:-d.

Tinggalkan komentar